Kenali, 4 Jenis Lalat di Sekitar Rumah Anda

Jenis lalat di Sekitar Rumah Anda

Anda tentu tahu, lalat merupakan salah satu hama yang keberadaannya sangat mengganggu apalagi hama ini ada di dalam rumah.

Hama ini sangat senang atau menyukai tempat – tempat dengan lingkungan yang kotor dan menjadi perantara yang banyak membawa berbagai macam penyakit dari bakteri yang dibawanya.

“Lalat jenis apa yang Anda ketahui?”

Ada banyak jenis lalat yang hidup di Indonesia. Bentuk dan karakteristik serta kelakuan lalat setiap jenis berbeda – beda. Sekarang lalat yang dibahas yaitu lalat yang sering ada di sekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal Anda.

Berikut jenis – jenis lalat yang ada di sekitar rumah.

1. Lalat Rumah

lalat rumah

Musca domestica atau yang biasa disebut dengan lalat rumah merupakan jenis lalat yang paling banyak membawa sumber penyakit di rumah atau lingkungan sekitar tempat tinggal. Lalat rumah ini paling sering ditemukan di dekat rumah. Hama satu ini sangat tertarik dengan segala jenis makanan seperti makanan manusia, makanan hewan, sisa makanan, kotoran dan yang lebih disukainya makanan yang beraroma gula.

Lalat jenis ini memiliki julukan pembawa utama penyakit karena hewan ini senang membuang kotorannya di sembarang tempat dan tidak mengenal waktu.

Lalat rumah memiliki ciri – ciri  seperti perut kuning dengan rongga dada yang berwarna abu – bau dengan empat garis hitam yang membentuk dari kepala sampai ekor. Pada perut lalat ini ditutupi oleh bulu – bulu halus yang berfungsi sebagai organ pengencap. Penglihatan majemuk yang luas membuat mata lalat ini berfungsi sangat baik saat terbang dengan ribuan lensa. Oleh karena itu, lalat ini sangat susah untuk di tangkap atau memukulnya sedangkan untuk aktifitasnya lebih sering didalam ruangan terutama di siang hari dan pada malam hari.

2. Lalat Hijau

lalat hijau

Lalat hijau atau dengan nama latinnya Chrysomya megacephala yang sering Anda juga jumpai di sekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal Anda. Penyebaran lalat jenis ini sebagian besar di Asia Tenggara dan menyebar sampai ke negara Australia. Lalat hijau tempat berkembang biaknya di semi cair yang berasal dari hewan. Tempat yang paling favorit untuk berkembang biak mulai dari bangkai hewan, daging busuk,  limbah rumah tangga, dan juga kotoran hewan peliharaan. Lalat hijau bisa Anda undang kerumah pada saat memasak ikan atau waktu memotong daging, aroma amis dari ikan akan mengundang lalat hijau masuk ke rumah Anda.

Secara fisik, lalat hijau memiliki warna hijau dan kebiruan dengan dasar metalik pada tubuhnya dan juga terlihat mengkilap. Dengan ukuran yang beragam dan ada juga berukuran besar.

Jika Anda memiliki perternakan hewan, lalat ini pasti sering ditemui karena habitatnya mereka memang dekat dengan aroma hewan.

Untuk terhindar dari lalat ini, usahakan untuk menjaga kebersihan limbah rumah tangga seperti saat membersihkan isi perut hewan atau ikan dengan membungkusnya agar aromanya tidak mengundang lalat. Serta menjaga kebersihan dari kotoran hewan peliharaan Anda.

3. Lalat Buah

lalat buah

Lalat buah atau nama latinya yaitu Drosophila species merupakan jenis lalat yang menjadi hama bagi para petani sejak berabad – abad yang lalu. Lahan pertanian menjadi sasaran bagi lalat jenis ini karena mereka senang berkembang biat di buah yang busuk. Selain itu tempat berkembang biak yang lain dari lalat buat yaitu tempat saluran air yang kotor.

Kenapa hewan ini tidak disukai oleh para petani? karena lalat buah menghinggapi buah yang belum matang. Jika buah tersebut dihinggapi oleh lalat buat ini, maka buah – buah ini akan rontok sebelum matang. Gejala ini bisa dideteksi seperti ada bintik – bintik hitam pada bagian kulit buah serta akan berwarna kuning keriput. Ini disebabkan oleh lalat buah yang menancapkan telur – telur mereka ke dalam buah tersebut.

Lalat buah ini memiliki bentuk dan karakteristik yaitu tubuh berwarna kuning kecoklatan atau belang – belang serta memiliki panjang hingga 3 milimeter. Selain itu, lalat ini juga memiliki mata yang berwarna merah terang dan juga perut yang menggantung ketika terbang.

Jika Anda setiap hari mengkonsumsi buah dirumah atau selalu menyediakan buah di rumah. Jaga buah Anda dengan menutupnya dengan kain atau box khusus buat yang memiliki tutup. Jika tidak ditutup maka buah Anda akan menjadi sasaran bagi lalat buat ini. Disamping itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah Anda.

4. Lalat Daging

lalat daging

lalat jenis ini memiliki nama latin Sarcophagidae dengan memiliki ciri – ciri bentuk tubuh pada perutnya yang berwarna seperti papan catur serta memiliki panjang hingga 14 milimeter. lalat daging tidak bertelur melainkan mengeluarkan larva dan pada tubuh lalat ini banyak mengandung telur cacing Ascaris lumbricoides dan juga cacing cambuk.

lalat daging sangat senang atau tertarik pada limbah busuk, kotoran dan makanan yang dimakan manusia. lalat daging menjadi ancaman yang serius bagi kesehatan manusia.

Pencegahannya bisa dilakukan dengan menjaga tempat sampah dan juga limbah rumah tangga. Usahakan menutup tempat sampah dan juga membersihkan lingkungan rumah.

“Sekarang Anda sudah mengetahui jenis dari lalat yang ada di sekitar rumah”

Dari penjelasan diatas mengenai jenis lalat di sekitar rumah Anda dan cara pencegahan secara sedernaha. Bisa Anda terapkan mulai hari ini dan seterusnya. Jika hama ini terlalu banyak ada di rumah Anda dan tidak mampu mengatasinya, rencanakan untuk memanggil jasa pest control.

Jika memerlukan jasa pest control yang profesional, bisa hubungi Haracare. Tim yang sudan berpengalaman lebih dari 12 tahun mampu menyelesaikan masalah hama di rumah Anda. Segera konsultasikan masalah hama Anda dengan marketing Haracare.

“Perlu jasa disinfektan untuk rumah, kantor, apartemen dan tempat lainnya, bisa hubungi haracare.com”