Bagaimana Struktur dari Anatomi Tubuh Kecoa

Anatomi Tubuh Kecoa

anatomi kecoa

Semua makhluk hidup mempunyai anatomi tubuh masing – masing, dari manusia, hewan dan tumbuhan. Tetapi menariknya fungsi dari anatomi tubuh memiliki fungsi yang berbeda – beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Salah satunya tubuh kecoa, kecoa memiliki karakteristik berwarna coklat dan mempunyai garis kuning di belakang kepalanya. Bentuk tubuh kecoa adalah oval dan pipih, memiliki pelindung (Protonum) yang menutupi hampir sebagian permukaan dorsal dari thorax dan mereka mempunyai bagian mulut untuk makan dan antena yang panjang serta sayap kasar didepan dan sayap belakang yang halus. Terakhir bagian abdomen dari kecoa.

Mata kecoa memiliki bentuk yang besar dan memiliki 2000 lensa di masing – masing matanya dan sangat aktif saat beraktifitas di malam hari.

Alat pernafasan pada kecoa melalui spirakel yang ada di setiap bagian tubuh, berbeda dengan manusia, oksigen yang dihirup kecoa tidak akan masuk ke darah pada jaringan tubuhnya. Spirakel ini berfungsi mengantarkan oksigen ke setiap sel tubuh melalui trakea. Fungsi otak pada kecoa berbeda dengan manusia, otak kecoa tidak bertanggung jawab atas pengaturan tubuh salah satunya pengaturan pernafasan ke setiap organ tubuh atau spirakel.

Kecoa memiliki morfologi sebagai berikut :

  1. Telur kecoa berbentuk bulat dan pipih (gepeng)
  2. Tubuh kecoa memiliki panjang 4cm dan tinggi 7mm dengan berat rata-rata 35gram
  3. Bisa hidup sebulan atau lebih tanpa makan dan minum.
  4. Kepala yang bersembunyi, dilengkapi dengan antena yang panjang dan mulut bertipe penguyah (chewing)
  5. Di bagian dada terdapat tiga kaki, dua pasang sayap, bagian kulit luar yang tebal dan bagian dalam yang berbentuk membran.
  6. Caput melengkung ke ventro caudal dibawah sehingga mulut terlihat menonjol diantara dasar kaki didepan
  7. Memiliki dua sayap, untuk sayap betina lebih pendek dari pada jantan
  8. Metamorfosis tidak sempurna yang di miliki kecoa, mulai dari telur, nimpha dan dewasa. Telur akan terbungkus ootheca sekitar 6 – 30 butir dan akan menetas 26 – 69 hari. Setelah itu menjadi nimpha, dari nimpha akan berubah menjadi dewasa dan mengalami molting atau pergantian kulit sebanyak 13 kali. Siklus hidup secara keseluruhan 2 – 21 bulan dan kecoa dewasa dapat hidup selama 3 tahun
  9. Kecoa merupakan binatang yang beraktifitas pada malam hari atau yang disebut dengan hewan nocturnal. Bergerak dengan cepat dan selalu menghindari dari cahaya.
  10. Sifat omnivora yang mempunyai arti pemakan segalanya, mulai dari kotoran, makanan sisa, buku dan lainnya.

Fase Hidup Kecoa

Seperti hewan atau serangga lainnya, mengalami fase hidup. Fase hidup kecoa hanya mengalami tiga siklus yaitu telur, nimpha dan menjadi kecoa dewasa. Butuh waktu sekitar tujuh bulan untuk menyelesaikan semua fase siklus hidup kecoa. Waktu yang sangat lama dibandingkan dengan fase hidup hewan atau serangga lainnya. Untuk telur kecoa saja butuh waktu 30 – 40 hari sampai telur menetas. Telur ini dilindungi oleh selaput keras yang disebut dengan kapsul telur atau ootheca.

Demikian penjelasan dari anatomi tubuh kecoa, jangan sepelekan jika kecoa ada dirumah Anda. Lakukan pencegahan secara mandiri dan rencanakan juga memanggil jasa pest control jika Anda merasa tidak mampu membasmi kecoa di rumah sendirian.

Gunakan jasa pest control dari Haracare. Pengalaman sudah lebih dari 12 tahun dan siap membantu masalah Anda dari hama di sekitar rumah. Segera hubungi marketing Haracare.

“Perlu jasa disinfektan untuk rumah, kantor, apartemen dan tempat lainnya, bisa hubungi haracare.com”